Infolinks

Thursday, June 8, 2017

Cara Memodifikasi Inverter modified sine menjadi pure sine wave

Salam elektro

Kali ini saya coba share bagaimana caranya memodifikasi inverter modified sine menjadi pure sine wave.
Mahalnya inverter pure sine wave di pasaran membuat saya terpicu untuk mencari tahu bagaimana caranya membuat inverter pure sine wave sendiri. Awalnya karena inverter yang saya beli ternyata tipe yang modified sine. setelah di coba pake kipas angin, efeknya si kipas angin bau hangus setelah 30 menit nyala.
Mungkin karena efek dari sinyal gelombang yang tidak sempurna seperti listrik PLN. Mau beli yang pure sine wave harganya sangat mahal bagi saya.

Jadilah saya browsing-browsing cari tahu. hasilnya saya sudah bisa modif inverter jadi pure sine wave. Berbekal browsing dan ilmu seadanya. di dapatlah kit inverter yang masih modified sine wave.
Seperti di bawah:
Kit inverter
Nah. saya pake kit itu untuk di modifikasi. kenapa saya pake kit itu, karena saya hanya membutuhkan rangkaian powernya saja. sedangkan drivernya tidak akan saya pakai. saya akan ganti drivernya yang bisa menghasilkan sinyal sinus.
Pakai apa? nah ini lah rahasianya... saya pake mikro kontroller Arduino Nano. yang murah aja
Arduino Nano
Bisa juga pake yg lebih simpel lagi. karena butuhnya sebenernya hanya 2 pin output saja. berhubung saya hanya punya ini dan UNO. maka saya pake yang ini.

Kemudian, untuk penaik tegangannya, saya pake trafo bekas UPS saya. karena sudah lama rusak dan ngga terpakai. mungkin rusak PCBnya karena saya suntikin dari aki 100Ah.
Trafonya kaya gini nih
Trafo UPS
Susunannya simpel banget. cukup susun kaya gini.
Diagram Block
Kemudian mikro di program untuk dengan memfungsikan dua pinnya menjadi PWM. Pin ini di aktifkan secara bergantian. jadi nanti akan membentuk dua buah sinyal seperti gunung. sinyal ini fungsinya sebagai pengganti dari driver sinyal kotak. hanya saja sinyalnya berbentuk setengah gelombang.
Ilustrasi gelombangnya seperti di bawah
Gelombang FET sampai Output
Untuk program arduinonya, silahkan dibuat sendiri aja ya.... karena banyak sekali metode yang bisa di pakai. ada yang tidak pakai PWM, tetapi hanya pakai delay. ada juga yang pakai PWM.
Yang harus di perhatikan adalah frekuensinya. frek yang di pakai adalah 50Hz. Jadi periodenya sebesar 20 mili second. jadi untuk PWM nomor 1 hanya boleh maksimal 10 mili second. dan PWM 2 juga 10 mili second. Pin output arduino yang saya pakai adalah pin 9 dan 10. tapi bebas juga mau pakai yang mana sejauh pin nya support PWM.

Program yang saya buat silahkan di lihat di sini.
Download link.
Atau disini.

Kemudian tambahkan kapasitor nonpolar di output trafo, katanya sih untuk menghilangkan spike dari gelombang, atau bahasa awamnya untuk menghaluskan sinyal sinusnya. saya pake 2uF 400V. hubung secara paralel dengan output trafo. atau ya sambungin aja satu ke phase, satu ke netral.

Hasil dari inverter ini sudah saya bandingkan dengan yang modified sine. Beban menggunakan kipas angin. hasilnya kipas angin tidak terdengar suara berisik pada motornya. Muternya lebih lancar. kabel-kabel tidak panas. Inverter yang saya buat berdaya 300 watt, atau 500VA. karena bekas trafo UPS 500VA.
Trafo bisa diganti dengan daya yang lebih besar. Kekuatan kit inverternya sampai 750watt. ini pun bisa di perbesar dengan menambahkan FETnya disusun paralel. jadi daya maksimumnya bisa di bilang tidak terbatas. yang penting batre akinya kuat untuk suply daya besar. dan harus di hitung dulu. supaya aki tidak tekor.

Inverter pure sine sederhana ini tidak menggunakan LCD untuk monitor level batre. bisa di tambahkan secara terpisah.

Terima kasih sudah mampir. mudah-mudahan bisa di mengerti, jika ada yang mau ditanyakan silahkan komen aja di bawah ya... sebisa mungkin saya jawab.

Salam Elektro.

88 comments:

  1. Harga untuk arduino uno berapaan bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar 40rban yang paling murah. kalo mau murah lagi, pake yang nano, itu seitar 30rban. bisa di lihat di toko online.
      Makasih.

      Delete
  2. sudah di test dengan osiloskop gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum bos. ane kagag punya osiloskopnya.
      tapi kalo dari suara trafonya, lebih halus. dan suara dinamo kipas angin juga lebih halus. suara dengung dinamo kipas angin hampir sama dengan kalo pake listrik PLN.
      Makasih.

      Delete
  3. Salam kenal ..saya tertarik dengan kreatifitas saudara..
    Saya bisa minta alamat dan no hp yang bisa dihubungin??
    Salam saudara dari lampung

    ReplyDelete
  4. driver yg dibuang yang bagian mana aja itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. driver untuk sinyalnya bos. yang ada IC penghasil sinyak kotaknya.
      diganti dengan micrkontroller sebagai pengganti sinyal generator, tapi pake PWM untuk gelombangnya.

      Delete
  5. saya mau jual trafo ups prolink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bos. ayo silahkan siapay yang mau punya inverter pure sine murah.....

      Delete
  6. gemana klo inverter modifit outnya di hubungkan dengan stabiliser apa hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasilnya ya hanya akan menghasilkan tegangan AC yang lebih stabil.
      Karena fungsi stabilizer adalah untuk penstabil tegangan.

      Delete
  7. gemana klo inverter modifit outnya di hubungkan dengan stabiliser apa hasilnya

    ReplyDelete
  8. Malam pak yoyo, boleh kirim gambar bagian mana inverter MSW yg dicopot dan bagian mana dari arduino nano yg diconnect ke inverter, maaf awam banget.trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang saya ngga tampilin gambarnya karena ngga saya gambar. tapi langsung di praktekin ke alatnya.
      Mudahnya begini. arduino ini hanya sebagai kontroller atau pengendali sinyalnya, yang mana menghasilkan gelombang sinus. sedangkan inverter yang saya modif hanya saya ambil drivernya saja. jadi komponen IC dan pendukungnya saya cabut. saya hanya ambil rangkaian amplifiernya saja. untuk menguatkan sinyal sinusnya. bisa di lihat di blok diagramnya bos.

      Terima kasih

      Delete
  9. Kalo pakai arduino, brrti tegangan Gate pada MOSFET dapat 5v ya gan? Itu Gate nya dpt brp volt sih gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegangan untuk MOSFETnya tetep 12V bos.
      Hanya tegangan triggernya saja yang pake 5 volt. kan rangkaian amplifiernya pake seperti rangkaian darlington. jadi triggernya 5 volt dan supply MOSFETnya 12V masih aman.

      Delete
  10. mantap... cuman berbagi penglaman aja, sbenar nya tidak usah memakai arduino juga bisa di rubah jadi pure sinus wave. kit inverter yang di jual di pasaran seperti gambar di atas sya udh coba memodif nya tanpa memakai arduino.. dan hasilnya 90 % hampir sama seperti signal listrik PLN, dngan freq 50.2 HZ. sya sudah test ke beban induktor seperti pompa air, mesin cuci, kipas angin, bor listrik, gerinda dll, dan hasilnya cukup memuaskan, setelah sya tes pake inverter modifan sya, lalu sya bandingkan dengan tegangan langsung dari PLN, ternyata benar benar mirip.. padahal sya cuma mamakai aki sepeda motor, mampu menghidupkan pompa air dan mesin cuci. proyek sya ini masih dalam masa perkembangan, karena sya belum merasa puas dngan hasilnya, yaitu pada waktu inverter di masukan ke beban induktor, tegangan drop -+ 20 volt. tlg pada teman teman semua, sya mnta saran untuk menyempurnakan proyek ini... trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantab bos...
      Kenapa saya pake arduino, karena saya bisa setting kehalusan sinyal sinusnya. dan gampang rangkainya.
      Untuk masalah drop sampai 20V, kemungkinan besar karena sumber batre kurang besar bos.
      Jika pake aki motor, berarti daya hanya 12x3.5A = 42watt. sedangkan beban induktor biasanya lebih besar dari itu. jadi wajar aja tegangan akan drop.
      Kalo mau pake aki mobil ato truk bos. supaya daya lebih besar dan tahan lama.

      Kalo menurut saya, kalo pakai rangkaian yang dijual di pasaran, atau komponen standard, itu hanya akan mengeluarkan sinyal kotak atau modify sine wave. bukan pure sine wave.
      Kalo pure sine wave biasanya sih harganya cukup mahal. ya lebih mahal dari arduino.

      Delete
  11. Yang membuat gelombangya sinus itu trafonya apa drifernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang membuat gelombang sinus itu arduinonya. atau dengan kata lain drivernya.
      trafo hanya menaikkan tegangan saja.

      Delete
  12. Boleh sertakan program untuk kode arduino nya? Maaf msh awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan email ke yogisukardi@gmail.com
      nanti akan saya reply.

      Terima kasih

      Delete
  13. gan bagian inverter yg dimodif di bagian mana terus pin arduino yg di connect ke inverter di bagian mana ? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pin arduino yang di pakai adalah pin PWM.
      yang ke inverternya adalah input driver transistornya.

      Delete
  14. Berarti input inverter hanya dari pin digital arduino aja gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bos. itu juga pin yang dipake adalah pin yang ada PWMnya. karena bakal pake PWMnya, bukan pin digital.

      Delete
  15. wah mantab pencerahannya, jangan bosan ya pak saya akan banyak tanya, kebetulan saya salah beli inverter 1500 watt tapi belum pure sine wave kemudian rencana akan dimodiv ke pure sine wave jadi alat apa saja yang harus saya beli kalau mau dibuat out put keluarannya 1500 watt juga trafo apa yang bisa saya beli kemudian berapa ampere kuat arus trafonya? saya lihat di buka lapak ada arduino uno R3 SMD versi clone bisa atau tidak digunakan karena ada penjelasannya menyediakan PWM, terimakasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi clone bisa dipakai bos. ngga masalah.
      Karena yg saya pakai juga versi clone.
      Kebutuhannya untuk trafo, gampangnya pake trafo bekas UPS bos. nyari second yg 2000VA. tp nanti kabelnya harus besar, juga pakai tegangan 24V supaya arus ngga besar. tapi lihat aja spek tegangan inverternya. 12V ato 24V. sesuaikan dengan itu.
      Mudah-mudahan berguna.
      Makasih

      Delete
    2. Mas Yoyok bisakah ku minta No Hp njenenengan

      Delete
    3. Silahkan japri ke email saya yogisukardi@gmail.com
      Nanti kasih di email.

      Delete
  16. Mantep om tutornya.. btw, kalo pake trafo biasa bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bos. cari trafo yang efisiensinya paling bagus bagus supaya dapet daya besar. kl yang standard jg ngga masalah sih, cuma nanti dapetnya ngga full. mungkin sekitar 70-80% aja.

      Delete
  17. Klau ups itu sudah pure sine wave blm ya?.sya punya ups d kasih kakak.luamyan gde..tp binggung apakah pure sine wave atau sine wave..klau pengen msih sine wave gmn cara merubah mnjadi pure sine wave..mhon pencerahanya..mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang pure sine wave ada juga yang mudify.
      cara ngeceknya pake kipas angin, kalo suara kipas angin pada dinamonya berisik. berarti bukan pure sine wave. bandingkan suara kipas angin pake UPS dan pake langsung ke listrik.
      maksudnya pake UPS adalah menggunakan batrenya.

      Delete
  18. Malam pak yoyo, boleh minta gambar bagian mana inverter MSW yg dicopot dan bagian mana dari arduino nya yg diconnect ke inverter, maaf awam banget.saya rencana mau Pake Arduino Uno.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk inverternya hanya di copot bagian drivernya. yg arduino itu hanya sebagai pengganti drivernya saja.

      Delete
  19. oh ini bisanya utk inverter yg blm dirakit ya gan?
    kalo inverter yg udh jadi yg dijual dipasaran itu apa masih bisa di modif gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bos. ini untuk modifikasi PCB inverter yang 750 watt saja. kl inverter yg ada di pasaran saya blm coba modif. mungkin lain waktu saya harus coba modif.

      Delete
  20. Wah abang posting sangat ramah semua pertanyaan di jawab..saya jadi kehabisan pertanyaan karena yg mau saya tanya sudah di tanya sama yg lain...oke lah teruskan ide kreatif mu semoga jadi manfaat bagi orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bos. mudah-mudahan bisa bermanfaat.

      Delete
  21. Bisa dibuatkan yang pure sinarnya 2000 va, trus kira2 brp harganya? Mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh. mungkin sekarang saya blm jualan ke arah situ bos. mungkin bisa jadi masukkan buat saya.

      Tapi pada dasarnya yang harus di perhatikan adalah jumlah drivernya dan trafo step upnya supaya bisa ngangkat 2000VA.

      Delete
  22. saya coba posting lain waktu untuk wiringnya ya bos. soalnya kerjaan banyak bgt nih. dah lama ngga update artikel.
    Makasih masukannya.

    ReplyDelete
  23. Pak, tolong listing programnya dikirimkan ke email yogi.brigade.854@gmail.com.terima kasih banyak sebelumnya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di download aja bos. semua sudah ada di linknya. yang ada tulisannya disini.

      Delete
    2. Sori bos. lama ngga sign in ke Blogspot.
      udah ane benerin bos.
      makasih.

      Delete
  24. Makasih bos. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  25. Mau nanya om..
    Pure sine VS Modified sine..lebih hemat mana ya backup battery nya, jika dipakai pada load yg sama
    Tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sepemahaman saya lebih hemat yg pure sine, karena efisiensinya lebih bagus.

      Delete
  26. link download programnya error bosku tlg di perbaiki.
    mf itu arduino kalau gk di program gk bisa ya bos?
    harus punya kode program dan aplikasinya donk ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. harus di program dulu. kl kagag di isi ya kagag bisa jalan.

      Delete
  27. Bang kasus nya sama ni sama punya saya kit sama trafo nya pun sama. Bang ane urgent banget buat skripsi kalo kaga kelar ane bisa nunggu lagi kalo boleh aneh minta kontak email ya bang buat program nya atau emai? Pliss bang

    ReplyDelete
  28. Gan, kalau bekas UPS kan trafo step up. Kalau bekas charger berarti trafo step down. Apa bisa dipakai juga ataukah beda karakteristik? Terus kalau bisa, charger 10A itu kira2 berapa watt hasilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipake, hanya saja mungkin efisiensinya yang beda, karena peruntukannya beda satu sama lain. tapi secara praktek bisa di terapkan.

      Delete
  29. Gan,kalo dicoba ke inverter 150 watt bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bos. tapi sebaiknya transistornya yg ada di inverternya di kurangi dulu. supaya asupan arusnya ngga terlalu besar.
      Makasih.

      Delete
  30. Mohon maaf Pak, Boleh sertakan program untuk kode arduino nya gak? saya tertarik untuk mencoba nya berhubung saya juga masih awam dan sedang belajar. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan email ke saya. nanti saya kirim lewat email.
      di yogisukardi@gmail.com.
      Terima kasih.

      Delete
  31. Mantab pak Yoyo....jarang jarang loh yang mau layanin semua pertanyaan….tks atas keramahan dan ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama bos.
      Mudah-mudahan ilmu yang saya share bisa bermanfaat untuk semua dan terutama untuk saya sendiri.

      Makasih dah datang.

      Delete
  32. maav bos q....pin arduino nano nya yg dipakai pin 9,10,27,29 dan 30 ? atau ada yang lain ?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake pin 9 dan 10 bos. pake pin yg lain jg bisa. yang pasti bisa dipakeuntuk PWM.

      Delete
  33. pak kalau travo ex ups ups biasanya kan ct 7v. input dari aki nya masuk ke situ kah gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah sih, soalnya trafo saya ngga ada tulisannya.
      harusnya ngga papa.
      palingan jadi panas di trafo dan tegangan outputnya jadi jauh lebih tinggi dari 220v

      Delete
  34. Bos..boleh nih modifikasian inverter yang pake trafo ferit

    ReplyDelete
  35. Mo nanya om...sy punya inverter buatn pabrik Mastervolt.speck nya 24v300wt apa bs di modif jd pure sibe wave? Kl bs alat apa aja yg ditmbahkn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa, tapi alatnya beda. kl ngga salah itu dah ada yg ual di ebay ato aliexpress. cuma ngerakitnya agak ruwet. saya belum pernah coba.

      Delete
  36. Maaf mau nanya kalau misalnya saya menggunakan arduino uno bisa ngga dipakai pada kit inverter 1000 watt? Kalau bisa bagaimana cara menyambungnya?
    Terus Bisa ngga dari 1000 watt dijadikan 3000 watt atau lebih?kalau bisa bagaimana cara nya komponen apasaja yg harusudah ditambahin.

    Maaf pak banyak nanya soalnya saya tertarik dengan rangkaian ini saya masih awam dan saya ingin mencobanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bos.
      itu butuh trafo yang besar juga. bisa juga pake inti ferit ato trafo donut. tapi ya tetep harus di itung dulu.
      Transistor dari inverternya juga harus di tambah lagi untuk naikin arusnya.

      Delete
  37. klu pakai trafo bekas ups non ct apakah masih bisa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Tp drivernya harus dirubah dulu supaya bisa + dan - secara bersamaan. Efeknya memang agak sulit. Tp ya patut dicoba.

      Delete
  38. Alhamdullillah ... nyatanya bisa gelombang kotak jadi gelombang sinus...apakah tukang servis bisa merobah nya ya...saya punya inferter jenis msw mau dirubah jadi psw...soal nya saya tidak mampu beli inferter psw masalnya harga nya ga ter jangkau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teori bisa.
      yang saya gunakan adalah output PWM dari mikro kontroler arduino nano.
      manfaatkan keluaran analog dari kedua pin out PWM dan di umpankan ke driver amplifiernya.

      Delete
  39. link nya broken bang ngak bs d download...ada yg pake googlw drive kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link tidak broken. saya sudah coba bisa koq.
      itu linknya pake google drive.

      Delete
  40. Mas, saya minta saran utk modifikasi inverter MSW 4000Watt 24V DC to 220 Volt AC suoaya jadi PSW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah modifikasi inverter yg dah jadi. Karena itu pake inti ferit sebagai trafonya.

      Delete
  41. Bang beli ardunio uno sekalian di program untuk inverter bisa bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa aja. tap kan dah saya share juga program arduinonya. tinggal di upload sendiri kan juga bisa.

      Delete
  42. Gambar jadinya gimana mas

    ReplyDelete
  43. malam pak, mengatasi inverter yang inputnya nyetrum gimana ya?

    ReplyDelete