Infolinks

Wednesday, May 8, 2019

Cara memperbaiki mouse double klik ( How to simple fix mouse double click)

Halo semua.
Kali ini saya mau share soal cara memperbaiki mouse yang double klik. Biasanya mouse yang dah uzur / tua bakal kaya begini. saat kita pencet 1 kali. tapi hasilnya jadi double klik. alhasil bikin kita kurang nyaman pakai komputernya.

Mouse yang mulai rusak
Saya akan coba kasih cara simpel supaya mousenya bisa kita pake lagi.

Langkah pertama
Bongkar mouse sampai ke bagian PCBnya.
sudah dibongkar tutup atasnya.
Ambil PCBnya dan lihat bagian tombol kanan dan kirinya.
Tambahkan Kapasitor MKM
Caranya gampang banget. tambahkan kapasitor 100nF pada tombol kanan dan kirinya. kebetulan mouse saya dua tombolnya dah pada ngambek.
Kaki kapasitor dihubungkan di kaki switch yang COM dan NO. kebetulan mouse saya cuma ada dua kaki. tapi yang tiga kakipun bisa di perbaiki. pakai yang pin COM dan NO nya.
Tujuannya adalah seperti penghilang bouncing pada switch. dengan menggunakan kapasitor ini maka bounching bakal ter reduksi.
kapasitor di tiap switch
Jenis kapasitor yang saya pakai adalah tipe MKM. supaya noisenya lebih kecil.

Alhasil setelah saya ganti, mousenya jadi enak lagi dipake.

Selamat mencoba. Kalo ada yang mau ditanyain, monggo silahkan di komen aja.
Semoga bermanfaat.
Makasih.

No comments:

Post a Comment