Infolinks

Thursday, June 8, 2017

Cara Memodifikasi Inverter modified sine menjadi pure sine wave

Salam elektro

Kali ini saya coba share bagaimana caranya memodifikasi inverter modified sine menjadi pure sine wave.
Mahalnya inverter pure sine wave di pasaran membuat saya terpicu untuk mencari tahu bagaimana caranya membuat inverter pure sine wave sendiri. Awalnya karena inverter yang saya beli ternyata tipe yang modified sine. setelah di coba pake kipas angin, efeknya si kipas angin bau hangus setelah 30 menit nyala.
Mungkin karena efek dari sinyal gelombang yang tidak sempurna seperti listrik PLN. Mau beli yang pure sine wave harganya sangat mahal bagi saya.

Jadilah saya browsing-browsing cari tahu. hasilnya saya sudah bisa modif inverter jadi pure sine wave. Berbekal browsing dan ilmu seadanya. di dapatlah kit inverter yang masih modified sine wave.
Seperti di bawah:
Kit inverter
Nah. saya pake kit itu untuk di modifikasi. kenapa saya pake kit itu, karena saya hanya membutuhkan rangkaian powernya saja. sedangkan drivernya tidak akan saya pakai. saya akan ganti drivernya yang bisa menghasilkan sinyal sinus.
Pakai apa? nah ini lah rahasianya... saya pake mikro kontroller Arduino Nano. yang murah aja
Arduino Nano
Bisa juga pake yg lebih simpel lagi. karena butuhnya sebenernya hanya 2 pin output saja. berhubung saya hanya punya ini dan UNO. maka saya pake yang ini.

Kemudian, untuk penaik tegangannya, saya pake trafo bekas UPS saya. karena sudah lama rusak dan ngga terpakai. mungkin rusak PCBnya karena saya suntikin dari aki 100Ah.
Trafonya kaya gini nih
Trafo UPS
Susunannya simpel banget. cukup susun kaya gini.
Diagram Block
Kemudian mikro di program untuk dengan memfungsikan dua pinnya menjadi PWM. Pin ini di aktifkan secara bergantian. jadi nanti akan membentuk dua buah sinyal seperti gunung. sinyal ini fungsinya sebagai pengganti dari driver sinyal kotak. hanya saja sinyalnya berbentuk setengah gelombang.
Ilustrasi gelombangnya seperti di bawah
Gelombang FET sampai Output
Untuk program arduinonya, silahkan dibuat sendiri aja ya.... karena banyak sekali metode yang bisa di pakai. ada yang tidak pakai PWM, tetapi hanya pakai delay. ada juga yang pakai PWM.
Yang harus di perhatikan adalah frekuensinya. frek yang di pakai adalah 50Hz. Jadi periodenya sebesar 20 mili second. jadi untuk PWM nomor 1 hanya boleh maksimal 10 mili second. dan PWM 2 juga 10 mili second. Pin output arduino yang saya pakai adalah pin 9 dan 10. tapi bebas juga mau pakai yang mana sejauh pin nya support PWM.
Program yang saya buat silahkan di lihat di sini.

Kemudian tambahkan kapasitor nonpolar di output trafo, katanya sih untuk menghilangkan spike dari gelombang, atau bahasa awamnya untuk menghaluskan sinyal sinusnya. saya pake 2uF 400V. hubung secara paralel dengan output trafo. atau ya sambungin aja satu ke phase, satu ke netral.

Hasil dari inverter ini sudah saya bandingkan dengan yang modified sine. Beban menggunakan kipas angin. hasilnya kipas angin tidak terdengar suara berisik pada motornya. Muternya lebih lancar. kabel-kabel tidak panas. Inverter yang saya buat berdaya 300 watt, atau 500VA. karena bekas trafo UPS 500VA.
Trafo bisa diganti dengan daya yang lebih besar. Kekuatan kit inverternya sampai 750watt. ini pun bisa di perbesar dengan menambahkan FETnya disusun paralel. jadi daya maksimumnya bisa di bilang tidak terbatas. yang penting batre akinya kuat untuk suply daya besar. dan harus di hitung dulu. supaya aki tidak tekor.

Inverter pure sine sederhana ini tidak menggunakan LCD untuk monitor level batre. bisa di tambahkan secara terpisah.

Terima kasih sudah mampir. mudah-mudahan bisa di mengerti, jika ada yang mau ditanyakan silahkan komen aja di bawah ya... sebisa mungkin saya jawab.

Salam Elektro.

2 comments:

  1. Harga untuk arduino uno berapaan bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar 40rban yang paling murah. kalo mau murah lagi, pake yang nano, itu seitar 30rban. bisa di lihat di toko online.
      Makasih.

      Delete