Infolinks

Wednesday, November 13, 2013

Cara Merangkai Batere Untuk Power Bank seri 2

Lama ngga nulis blog.

Kali ini saya coba membahas mengenai bagaimana cara merangkai batere untuk power bank seri 2.
Banyak yang masih bingung mengenai bagaimana cara merangkai batere untuk powerbank. dan banyak pula pertanyaan bagaimana jika begini, bagaimana jika begitu.

Sekarang saya coba postkan macam-macam rangkaian batere untuk powerbank. yang boleh dan yang tidak.

Langsung saja ngga usah pake panjang lebar.
Silahkan perhatikan gambar di bawah.
Mudah-mudahan bisa di mengerti.
1. Dua batere di susun seri. (Tegangan naik. arus tetap)
Tegangan tetap arus naik 2 kali
2. Enam batere di susun paralel. (Tegangan tetap. arus naik).
Tegangan tetap arus naik 6 kali
3. Empat batere disusun seri kemudian di susun dua baris. (Tegangan naik 4 kali. arus naik 2 kali)
Tegangan naik 4 kali (seri), Arus naik 2 kali (Paralel)
4. Dua batere disusun seri kemudian di paralel sebanyak empat baris.
    (Tegangan naik 2 kali. arus naik 4 kali)
Tegangan naik 2 kali (seri), Arus naik 4 kali (Paralel)
5. Nah yang ini kayanya ngga boleh.
    (Kemungkinan akan meledak/rusak karena arus yang tidak sama)
Tegangan naik 3 kali (seri), Arus naik berapa kali ya??? (Ngga jelas)

Mudah-mudahan bisa di pahami dengan mudah.

Terima kasih

12 comments:

  1. Mas sy dede..mau tanya..saya punya batre laptop udah diseriin jadi 18,5 v mah nya gk tau..apa bisa dicas pake casan laptop..di casannya tertulis output 19 v 1,58 a..makasi

    ReplyDelete
  2. Biasanya dibatere terdapat besar arusnya untuk tiap baterenya.
    totalnya ya tetep 1 kali arus tiap batere.
    Kemungkinan arus dari baterenya lebih besar dari 1.58A.
    karena tertulis di chargernya 1.58A.

    Kalo masalah bisa ato ngganya di cas.
    jawabannya pasti bisa.
    karena tegangan chargernya lebih besar dari tegangan batere.

    Selamat mencoba.

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kan kalo cas pasti adaptorna anget..batre nya jg pasti anget..punya saya kok gak anget2 y.. tktnya listriknya engga masuk..apa memang lama ngecasnya?

      Delete
    2. Coba cek tegangan yang keluar dari adaptor. ada ato ngga?
      kemungkinan sih ngga keluar. soalnya kalopun di colokin tapi ngga dipake nge cas, adaptornya tetep anget, soalnya ada rugi daya yang di buang berupa panas.
      Kemungkinan listriknya ngga masuk adaptor.

      Makasih

      Delete
  3. jika bkin powerbank : 4 (@1,2v-2000mAh) batrei disusun seri hasilnya 4,8 v 2000mAh,
    nah yg saya tnyakan, jika unt hp dng kapasitas 1800mAh apakah hanya bisa unt ngecas 1x atau -+4x cas?
    maklum awam ni.. rencana mau bkin pakai batrei enel**p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, hanya 1 kali. karena kapasitasnya hanya 2000mA. itupun jika si powerbank dalam kondisi fullcharge.

      Terima kasih

      Delete
  4. Artikel nya sangat membantu, terimakasih mas yoyo..

    ReplyDelete
  5. Artikel nya sangat membantu, terimakasih mas yoyo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bos.
      Makasih dah mampir.
      mudah-mudahan bermanfaat.

      Delete
  6. semua artikelnya sangat membantu, gaya penyampaian sederhana dan mudah dimengerti dan artikelnya sangat bermanfaat. saya senang bisa membacanya

    ReplyDelete