Infolinks

Thursday, December 1, 2011

Cara membuat pensaklaran elektronik tanpa kabel murah meriah

Ini pertama kali saya buat bahasan mengenai cara membuat pensaklaran jarak jauh (kurang lebih 5~8meter) menggunakan rangkaian dari mobil remote kontrol mainan bekas. Namun di padukan dengan perangkat mikro untuk membuatnya terlihat lebih menarik untuk dilihat.

Alat ini bisa di gunakan untuk pensaklaran lampu dan sebagainya. Kalo saya pribadi sih lebih suka untuk pensaklaran lampu rumah. remote kontrol digunakan untuk menghindari banyaknya kabel yang merambat, dan harus melu angi plafon rumah. kan sayang banget tuh kalo harus melubangi plafon rumah.

Pembuatan rangkaian ini terinspirasi oleh mahalnya harga saklar wireless yang di jual di toko dan cuma punya 2 channel aja. kalo bisa semakin banyak pensaklaran semakin bagus, bisa buat macem-macem.
Contohnya lampu, kipas angin ventilasi, lampu darurat, dsb

Alat yang di perlukan:
- 1 set tranceiver RC mobil, cukup untuk membuat 4 switch.
- 2 buah mikro 89S51, agar lebih sederhana.
- 4 buah blok touch switch (saklar sentuh), circuit bisa di cari di web untuk anvanced.
- 2 buah 7 segment untuk tampilan alamat saklar.
- casing untuk wadah rangkaian.

Caranya:
- Gunakan remote kontrol sebagai pengirim sinyal
- Gunakan tombol belok kanan untuk 1 buah saklar, tombol belok kiri untuk 1 buah saklar, tombol maju untuk 1 buah saklar, tombol mundur untuk 1 buah saklar.
- Tidak ada perubahan untuk remote kontrolnya, penambahan hanya pada penerima sinyal.
- tambahkan mikro AT89S51 (mikro yang paling mudah) untuk memudahkan penggaturan saklarnya.
- Untuk program assembly nya tidak memerlukan banyak instruksi, hanya menerima sinyal dari input sinyal dan merubahnya ke aktuator relay atau triac untuk pensaklaran arus AC.
- Silahkan mencoba ide sederhana ini.

3 comments:

  1. Idenya bagus om....cuma mungkin akan lebih baik kalau disertai dengan diagram skema elektroniknya. Maaf cuma sekedar memberikan saran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sudah baca dan sarannya.
      ini masih konsep.
      Karena saya masih study untuk realisasi di rumah saya.
      Akan saya posting jika project saya sudah selesai.
      Karena hampir semua yang saya posting sudah ada realisasinya di rumah.

      Terima kasih
      Yogi

      Delete